Nostalgia ke era 90an, Persembahan BXc Mall & Generasi 90an

Nostalgia ke era 90an, Persembahan BXc Mall & Generasi 90an

Diadakan pada hari Minggu, 29 Juli 2018 lalu, Tamasya Mesin Waktu dikemas menjadi outdoor family festival dengan konsep piknik. Dengan tujuan membawa pengunjung bernostalgia kembali ke era 90-an, konsep piknik ini dipilih untuk mengingatkan kembali kepada Generasi Y dan generasi-generasi lainnya tentang serunya bermain diluar rumah seperti yang terjadi di era 90-an.

Tamasya Mesin Waktu Persembahan BXc Mall dan Generasi 90an ini dibuka mulai pukul 12 siang. Dibagi menjadi 6 zona memoria yang saling melengkapi satu sama lain seperti puzzle dan membuat pengunjung merasa kerasan, seperti kembali ke rumah.




Keenam zona memoria ini adalah :

  1. Zona Museum

    Zona ini merupakan sebuah zona instalasi yang merupakan hasil ilustrasi Mas Dimboy atau Adimas Bayu, seorang komikus online yang dikenal dengan karya komik stripnya bernama masdimboy. Sesuai dengan namanya zona museum, Mas Dimboy menggambarkan suasana yang identik dengan rumah pada tahun 90-an, berikut benda-benda yang selalu ada di dalamnya, seperti poster band yang sedang berjaya, acara TV yang sedang hits, dan karakter film yang terkenal di era 90-an.

  2. Zona Main

    Zona yang kedua ini merupakan hasil kerjasama dengan Combantrin bersama LPAI. Zona main menjadi salah satu destinasi yang diminati dan selalu ramai oleh pengunjung Tamasya Mesin Waktu. Pengunjung dapat bermain di dua zona permainan, yaitu dingdong (arcade) dan tradisional. Permainan yang ada di zona permainan dingdong meliputi, time crisis, final fight, king of fighter 94, game sega, Nintendo. Sementara, di area permainan tradisional #JamMainKita, disediakan area dan peralatan bermain yang sering dimainkan oleh “anak-anak pantang pulang sebelum petang” seperti : enggrang, engklek, lompat karet, gobak sodor dan kelereng.

  3. Zona Jajan

    Zona ini hadir untuk menyegarkan kembali pengunjung setelah lelah bermain dan bersuafoto di spot - spot foto yang ada, sebelum kembali beraktivitas. Zona jajan ini menjual sebagian besar jajanan jalanan dan snack yang populer di tahun 90an, seperti gulali, telur gulung, snack anak mas, dan chiki balls.

  4. Zona Nonton

    Dilengkapi dengan tikar dan bean bag untuk duduk - duduk santai, pukul 15.00 s.d 17.00 area ini dibuka dengan talkshow Kelas Ampuh menghadirkan cast serta produser dari film Keluarga Cemara dan Wiro Sableng. Program talkshow yang didukung oleh Lingkaran.co ini, dihadiri Ringgo Agus dari cast film Keluarga Cemara beserta produser film Anggia Kharisma. Hadir juga cast dari film Wiro Sableng, yaitu Marsha Timothy serta Lala Timothy sebagai produser film. Talkshow ini mengajak pengunjung untuk mendengarkan langsung proses produksi film hingga tanggal release film, serta berbincang langsung sambil tanya jawab dengan para cast mengenai kesan dan pesan selama proses syuting.

  5. Zona Nyaman

    Zona ini merupakan zona baru yang hadir di Tamasya Mesin Waktu, dan dipenuhi dengan meja dan tempat duduk nyaman untuk mendukung piknik bersama. Bagi pengunjung yang ingin membawa cinderamata terdapat sesi karikatur bersama Infia dan Dagelan dan juga photobooth dari Pos Indonesia yang hasil fotonya dapat menjadi prangko resmi.

  6. Zona Musik

    Reza Chandika sebagai MC dari Zona Musik membuka acara di zona ini dengan kuis Famili 100, salah satu program kuis yang sukses di Indonesia dengan jumlah penayangan lebih dari 2.500 episode dari tahun 1996 hingga 1998. Kemudian, sebagai bentuk pemanasan sebelum acara musik dimulai, Reza Chandika memandu seluruh pengunjung untuk SKJ (Senam Kesegaran Jasmani). Senam ini merupakan senam massal yang diwajibkan oleh Pemerintah Indonesia di tahun 80an hingga 90an. Pengunjung dan keluarga yang pernah mendapat sesi SKJ waktu zaman sekolah dulu pasti masih mengingat gerakan-gerakannya. Zona Musik dimulai oleh Band Wayang, band yang sempat populer di era 90an dengan lagu-lagu hits mereka, yaitu Damai ; Dongeng Sebelum Tidur ; dan Tak Selamanya, membawa pengunjung kembali bersenandung ke musik 90-an. Yura Yunita seorang solois dan penulis lagu mengubah suasana menjadi mellow dengan mempersembahkan medley lagu-lagu hits tahun 90an seperti Masih Ada dari 2D, Nada Nada Cinta dari Rossa, Pertama dari Reza Artamevia. Tak ketinggalan, Yura Yunita pun menyanyikan lagu-lagu hits zaman nownya, seperti Berawal dari Tatap ; Cinta dan Rahasia.

    Glenn Fredly tampil sebagai puncak kemeriahan momen nostalgia ini dengan menyanyikan lagu-lagu hitsnya dari awal-awal berkarier musik seperti Cukup Sudah, Salam Bagi Sahabat, Terserah, dan menutup Tamasya Mesin Waktu dengan lagu Akhir Cerita Cinta.

Tamasya Mesin Waktu dengan konsep piknik, atau outdoor family festival ini, diharapkan dapat menjadi tempat untuk pengunjung setia BXc Mall berserta keluarga dan teman berkumpul kembali menghabiskan waktu bersama dan bercengkrama, serta menjadi suatu wahana yang memberikan edukasi pada generasi zaman now untuk mengenal kehidupan dan perubahan gaya hidup hingga teknologi yang dialami di era 90-an.

Related